PORT - Nomor dan Fungsinya pada Jaringan Komputer


networkingMenciptakan sebuah jaringan komputer yang handal tentunya diperlukan kemampuan menganalisa dan memahami setiap karakteristik dan topologi jaringan komputer yang akan kita buat. Salah satu yang sangat berperan penting disini adalah penomoran Port dan fungsinya pada jaringan komputer.

Dalam jaringan komputer port adalah sebuah titik spesifik dalam komunikasi antar host pada jaringan komputer. Sebuah port berhubungan langsung dengan alamat IP dari host serta jenis protokol yang digunakan dalam komunikasi jaringan.
Secara gampangnya 'port' ini bisa disebutkan sebagai jalur tujuan tertentu dari dari setiap jenis protokol yang berjalan pada jaringan.

Contoh Port 80, saat kita melakukan browsing, Port ini biasanya digunakan untuk web server, jadi ketika user mengetikan alamat IP atau hostname di web browser maka web browser akan melihat IP tersebut pada port 80,biasanya yang memakai port 80 hostnamenya www.

Contoh lain penggunaan port adalah sistem Internet mail. Sebuah server yang digunakan untuk mengirim dan menerima email pada umumnya membutuhkan dua layanan. Layanan pertama digunakan untuk mengirim email dari satu server ke server lainnya.
Hal ini dilakukan dengan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP). Aplikasi layanan SMTP biasanya berjalan pada TCP port 25 untuk setiap requestnya. Layanan kedua adalah Post Office Protocol (POP) atau Internet Protocol Pesan Access (IMAP) yang digunakan oleh e-mail client aplikasi pada komputer pribadi user untuk mengambil pesan email dari server. Layanan POP ini berjalan pada nomor port TCP 110. Kedua layanan dapat berjalan pada komputer host yang sama, dalam hal ini nomor port membedakan layanan yang diminta oleh komputer remote, baik itu komputer pengguna atau server mail yang lain.

Selain dua contoh penggunaan masih ada jenis port dengan nomor lain yang lazim digunakan pada sebuah jaringan komputer.
Port 68 dan 67, pada sistem DHCP, dimana klien mengguanakan UDP prot 68, dan UDP Port 67 untuk server.

Secara Global pengaturan jaringan komputer ini dikoordinasi oleh sebuah lembaga yaitu Internet Assigned Number Authority (IANA) termasuk masalah standarisasi penomoran port.
Beberapa port lainnya adalah:
  • 20 & 21: File Transfer Protocol (FTP)
  • 22: Secure Shell (SSH)
  • 23: Telnet remote login service
  • 25: Simple Mail Transfer Protocol (SMTP)
  • 53: Domain Name System (DNS) service
  • 80: Hypertext Transfer Protocol (HTTP) used in the World Wide Web
  • 110: Post Office Protocol (POP3)
  • 119: Network News Transfer Protocol (NNTP)
  • 143: Internet Message Access Protocol (IMAP)
  • 161: Simple Network Management Protocol (SNMP)
  • 443: HTTP Secure (HTTPS)
Dalam prakteknya, port ini terbagi atas tiga kategori, yitu Registered Port  yang  dimulai dari 1024 sampai 49151, Kemudian Dynamic Port dan Private Port terbentang antara 49152 sampai 65535.

Lebih lanjut dapat dilihat di www.jamboaufa.net

No comments for "PORT - Nomor dan Fungsinya pada Jaringan Komputer"